Kamis, 17 Maret 2011

Pengenalan Tek.Game..

Pengertian game menurut Kamus Bahasa Inggris berarti:
1. Kata sifat keinginan untuk menghadapi bahaya(sinonim dari gamy,gamey,gritty,mettlesome,spirrited,spunky).
2. Kata benda : sebuah kontes,secara fisik/mental sesuai dengan aturan untuk menarik, rekreasi atau menentukan pemenang dalam hal kecekatan ketrampilan,permainan lapangan,dan lain-lain.

SEJARAH GAME . . .

Pada tahun 1951 seorang tekhnisi muda bernama Ralph Baer yang bekerja di Loral Elektroniks di Bronx,New York.Diberikan tugas untuk merancang sebuah model televisi .Ia tidak ditugaskan untuk membuat sebuah televisi seperti pada umumnya,melainkan televisi yang nantinya menjadi televisi terbaik dibandingkan semua televisi yang pernah ada.Itu bukan masalah bagi Baer,tetapi ia ingin membuat sesuatu yang lebih dari apa yang ditugaskan kepadanya dan menambahkan sebuah bentuk permainan pada perancangan televisi tersebut.Dalam pikirannya ia belum tahu bentuk permainan seperti apa yang akan ia buat ,tetapi itu tidak berarti apa-apa karena manajernya menolak ide tersebut.Tetapi ia tetap berusaha merealisasikan idenya itu hingga 18 tahun kemudian.
Dalam perjalanannya itu pada tahun 1952 seorang mahasiswa Universitas Cambridge bernama A.S Gouglas membuat permainan OXO (tic-tac-toe) dalam versi grafik.Permainan ini dikembangkan ketika hendak mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi antara manusia dan komputer. Pada tahun 1958 William Higin Botham mendesain sebuah game dengan judul "Tennis for two" yang dimainkan dalam " oscilloscop" dan kemudian ada pula Steve Russel pada tahun 1961 dengan game berjudul " spacewar"yang dibuat dalam komputer mainframe "DEC PDP-I saat mereka menjalani studi di MIT.

Itulah sedikit sejarah tentang GAME. . . .

Tipe Tipe Game Engine

Game engine biasanya datang dengan berbagai macam jenis dan ditujukan untuk berbagai kemampuan pemrogramman. Tapi dalam pembahasan sekarang ini, ketimbang harus me-list semua jenis game engine yang ada di wikipedia, mendingan kita bahas garis besar nya saja.

Roll-your-own game engine. Banyak perusahaan game kecil seperti publisher indie biasanya menggunakan engine nya sendiri. Ini berarti mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri. Disisi lain, mereka kadang menggunakan libraries komersil atau malah open source. Terkadang mereka malah membuat semuanya dari nol.


Biasanya, game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar tersedia gratis, juga memperbolehkan mereka, para developer, lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya, banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya. Menara Games Studio membutuhkan satu tahun penuh untuk menyempurnakan game engine nya, hanya untuk di tulis ulang semuanya dalam beberapa hari penggunaan karena adanya bug kecil yang sangat mengganggu.

Mostly-ready game engines. Engine engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer / programmer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model dan texture, dan segalanya. Banyak dari mereka yang sudah benar benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama.

Biasanya game engine semacam ini memiliki batasan batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi terlalu banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis, dan masih memungkinkan game engine nya itu sendiri untuk mengoptimalkan kinerja game nya. Banyak dari game engine seperti ini, Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya, yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Hal ini dengan serta merta menyingkat sangat banyak waktu dan jelas, biaya dari para Developer game.

Point-and-click engines. Engine untuk point-and-click merupakan engine yang sangat amat dibatasi, tapi dibuat sangat user friendly. Kamu bahkan bisa mulai membuat game mu sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget.

Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan, dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis, hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini nggak berguna, bagi developer cerdas dan berdaya kreativitas tinggi, game engine bapuk seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine seperti ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman, dan secepatnya merilis game game mereka.

Macam-macam Game Engine

Game Engine terdiri dari 2 jenis, yaitu Game Engine Open Source atau Freeware Game Engine dan Game Engine Berbayar (komersial) atau Commercial Engines.

Freeware game engine/open source game engine:

-Blender

- Golden T Game Engine (GTGE)

- DXFramework

- Ogre

- Aleph One

- Axiom Engine

- Allegro Library

- Box2D

- Build Engine

- Cube

- Cube 2

- DarkPlaces

- jMonkeyEngine (jME)

- Panda3D

- Sphere


Commercial engines/game engine berbayar (komersial):

- Alamo

- A.L.I.V.E

- BigWorld

- DXStudio

- Dunia Engine

- Euphoria

- GameStudio

- Jade Engine

- Jedi

- Medusa

- RPG Maker VX

- RPG Maker XP

- RPG Maker 2003

- RPG Maker 95

- Vision Engine

Perbandingan 2 Buah Game Engine (Free dan Berbayar)


Freeware Game Engine dan Comercial Game Engine, antara lain:

Freeware Game Engine

Bender

Commercial Game Engine

RAGE ENGINE

Kelebihan:

Kelebihan yang dimiliki Blender adalah dapat membuat game tanpa menggunakan program tambahan lainnya, Karena Blender sudah memiliki “Engine Game” sendiri dan menggunakan “Python” sebagai bahasa pemograman yang lebih mudah ketimbang menggunakan C++,C, dll.

Blender menggunakan “OpenGL” sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada
berbagai macam “OS” seperti Windows, Linux dan Mac OS X. Gambar berikut merupakan sebuah “screenshot” dari salah satu project game yang dibuat menggunakan Blender.

Kelebihan:

Kemampuan menciptakan dunia open world yang kompleks, penuh detail, dan terintegrasi penuh dengan dukungan seperti A.I script, weather effects, dan lain sebagainya seperti yang terlihat pada GTA IV. Engine ini juga mendukung kemampuan middleware seperti fitur “dynamic-motion” dan “bullet physics”.

Kekurangan:

Agak sulit dalam memahami GUI yang terdapat pada aplikasi ini.

Kekurangan:

Harga lisensinya yang mahal, Selain itu sulit untuk membuat animasi sendiri selain dari template animasi dari swift3D.

Kita tidak dapat memberikan efek pada objek, misal efek noise dll.

Sumber :

http://digilib.petra.ac.id/viewer.php?submit.x=18&submit.y=17&submit=prev&page=2&qual=high&submitval=prev&fname=%2Fjiunkpe%2Fs1%2Fjdkv%2F2009%2Fjiunkpe-ns-s1-2009-42405181-12306-bekti-chapter2.pdf

http://aprilianz.blogspot.com/2010/03/pengertian-game-engine-bukanlah.html

0 komentar:

Posting Komentar