Minggu, 27 Maret 2011

Contoh Aplikasi Game Engine dan Pembahasan Feature dr game engine. . . .

Pada kali ini saya akan membahas tentang artikel seseorang yang mencoba-coba salah satu game engine dengan mengedit-edit beberapa bagian pada beberapa macam game.

Beberapa hari yang lalu saya mencoba mengakses versi baru salah satu game engine favoritku, Unity, meskipun versi trial tapi kualitas grafis dan banyak fitur lainnya membuatku terpesona. Karena repot membuat character sendiri untuk mengetestnya, saya mencoba-coba memasukkan Sasuke Akatsuki ke dalam game ini.

Boleh dibilang, aktivitas ini membuatku tertarik lagi untuk menyentuh beberapa game engine lain dan juga menginstall beberapa game yang bisa dimod.



Bagaimanapun, aku sadar susah untuk menentukan mana game engine terbaik ataupun game yang terbaik untuk dimod. Karena penilaiannya sangat subyektif. Meski begitu, aktivitas keduanya; baik membuat game dengan game engine atau memodifikasi sebuah game pada dasarnya hampir identik. Menekuni sebuah engine game. Memodifikasi GTA San Andreas, berarti menyentuh sebagian dari teknologi Renderware engine yang di modifikasi Rockstar, yang digunakan untuk membuat game ini.

Berikut adalah beberapa game engine, yang bisa untuk membuat mod game atau mempunyai game yang bisa dimodifikasi yang dibuat dengan game engine tersebut.

1. Source Engine

Ini adalah game engine terbaik untuk modding, karena pengembangnya Valve mensupport dunia modding. Bahkan membolehkan penjualan mod secara komersial lewat Steam. Garry’s mod (sandbox modifikasi dari Half Life 2) adalah salah satu yang paling sukses dan boleh dibilang merupakan mod game yang paling populer. Karena sangat mudah memasukkan mod ke dalamnya. Tinggal dimasukkan ke folder addons.

Kelemahan dari Source Engine adalah pembuatan modnya yang boleh dibilang rumit. Ini adalah contoh ragdoll Kabuto yang ku buat beberapa waktu yang lalu dan masih penuh dengan bugs.




2. Renderware

Engine ini merupakan game engine populer yang dibuat oleh Criterion dan digunakan oleh beberapa developer game, termasuk untuk membuat seri GTA. Sekarang engine ini sudah dibeli oleh EA.

Satu dari beberapa game yang bisa dimod dan dibuat dengan engine ini adalah GTA San Andreas, dan boleh dibilang merupakan game yang terbaik untuk dimod (khususnya untuk para pembuat mod). Karena hampir segala aspeknya bisa dimodifikasi, dan gamenya sendiri punya fitur yang susah dicari padanannya bisa berkumpul bersama dalam sebuah game. Contohnya tak ada sepeda atau jetpack di GTA IV, susah juga mencari mod sepeda motor di Garry’s mod. Walaupun sama saja. Susah membuat binatang di GTA San Andreas, karena bonesnya terbatas dan animasiya sudah hardcoded merujuk ke animasi tertentu yang susah diubah kecuali dihack. Padahal berbagai tipe binatang atau monster dengan mudah bisa ditemui di Oblivion atau game lainnya.

Ini adalah salah satu mod terbaruku yang dibuat untuk GTA San Andreas, Sasuke Akatsuki.

link download for Sasuke Akatsuki

http://www.gombolori.net/sasuke-in-akatsuki-outfit/

http://gtaindonesia.wordpress.com/2010/10/24/game-engine-and-modding/

0 komentar:

Posting Komentar