Minggu, 06 Maret 2011

Keterkaitan Antara Programmer,Designer,Artist dan Composer Pada Pembuatan Game . . .

Pada hari-hari awal video game (dari awal 1970-an sampai pertengahan 1980-an),seorang programmer game juga mengambil tugas seorang desaigner dan artis.Hal ini umumnya karena kemampuan komputer awal begitu terbatas yang memiliki personel khusus untuk setiap fungsi tidak diperlukan.Konsep Game pada umumnya ringan dan permainan hanya dimaksudkan untuk dimainkan selama beberapa menit pada suatu waktu,tetapi yang lebih penting ,seni konten dan variasi dalam gameplay yang dibatasi oleh kekuasaan terbatas komputer.

Kemudian sebagai Arcade Hardware khusus dan sistem home menjadi lebih kuat,pengembangan permainan dapat mengembangkan alur cerita yang lebih dalam dan bisa mencangkup fitur-fitur seperti resolusi tinggi dan grafis penuh warna ,fisiska,maju kecerdasan buatan dan suara digital.Teknologi telah maju sedemikian gelar besar kontemporer game baiasanya mengembanggakan grafis 3D dan motion video penuh menggunakan aset yang dikembangkan oleh seniman grafis profesional.Dewasa ini ,istilah menghina "seni programmer" telah datang untuk menyatakan jenis warna-warna cerah dan design gumpal yang khas dari permainan komputer awal.

Keinginan untuk menambahkan lebih mendalam dan aset untuk game mengharuskan pembagian kerja.Awalnya,produksi seni diserahkan kepada seniman penuh waktu.Game programming berikutnya menjadi disiplin yang terpisah dari design game.sekrang hanya beberapa permainan,seperti permainan puzzle Bejeweled yang cukup sederhana hanya memerlukan satu programmer penuh waktu.Namun sebagian besar game developer (Seniman,Programmer dan Produsen bahkan)mengatakan dalam rancangan akhir permainan kontemporer.

Game Design : Tugas utamanya adalah mengumpulkan team dan menciptakan konsep untuk game.Pada tahap ini konsepnya masih berupa dokumen dan Mood Board.sebagai ketua proyek,game design akan menjelaskan bagaimana game ini secara visual bekerja,interaksi,fitur dan alur cerita (game play).Game design akan memberikan konsep awal berbentuk dokumen yang disebut Game Production.

Game Artist : Tugasnya adalah menciptakan Efek Visual didalam game Missalnya Animasi,detail pada karakter atau Items,komposisi warna,pencahayaan bahkan teksture yang akan dipakai didalam game.Merekajuga menciptakan Lingkungan sesuai dengan kebutuhan game.Penggunaan detail yang terlalu rumit dapat menyebabkan game terlalu berat untuk di load,mereka bertanggung jawab agar game yang dimainkan tidak terlalu memberatkan media atau perangkat keras (hardware) untuk game ini setelah di produksi.

Game Programmer : Mereka adalah Inti dari Game Mekanik yang bertugas untuk mengerjakan Coding pada platform yang akan digunakan.Tiap game membutuhkan Engine sebagai Core untuk template game bisa berfungsi contoh engine yang populer digunakan adalah:

  • Half Life 1 - Counter- Strike
  • Half Life 2 - Counter-Strike Source
  • Crytek - Crysis
  • Unreal 3 - Modem Warfare 2

Mereka juga berhubungan langsung dengan Editor yang memang sudah disediakan pada engine tersebut.

Composer : tugasnya adalah mengisi Efek Suara pada karakter,lingkungan,senjata bahkan musik untuk latar belakang di game ini.Mereka juga mengisi musik dan suara untuk animasi didalam game.

Sumber :

(http://gamearch.com/wp-content/uploads/2009/04/damnationconcept.jpg)

(http://www.pyrogamedevelopment.com/upload/gallery/1196766712character.jpg)

(http://img.banjig.net/d/bb/user_uploads/302219/valve_hammer_editor_5a53506f.jpg)

(http://createdigitalmusic.com/images/2009/11/4073407571_9ffe4267f21.jpg)



0 komentar:

Posting Komentar