Senin, 02 Juli 2012

Cloud Computing pada bidang Kedokteran


Era 'wireless' di masa sekarang memang sungguh menarik perhatian. Manusia sekarang tidak bisa sepenuhnya dibatasi lagi oleh waktu dan tempat. Disaat kita diharuskan untuk berkomunikasi secara bersamaan, maka kita bisa melakukannya dimana pun lokasi kita berada.

Hal ini ternyata juga bisa dilakukan di dunia kesehatan. Bayangkan, seorang Dokter Ahli yang memiliki jadwal list pasien yang sangat padat sehingga membuatnya tidak bisa meninggalkan ruangannya, sementara diruangan lain, seorang pasien sedang menjalankan operasi yang dimana Dokter yang menangani membutuhkan masukan dari sang Dokter Ahli tersebut. Semua situasi tersebut sangatlah sering terjadi, sehingga tidak sedikit Dokter yang kewalahan sehingga berpengaruh pada diagnosa si pasien.

Tidak perlu khawatir lagi, karena seperti yang dikutip pada situs http://mashable.com/, sebuah teknologi yang disebut sebagai 'Cloud-Computing' telah berhasil diimplementasikan kedalam teknologi medis.

'Cloud-Computing' pengertian mudahnya adalah suatu teknologi yang memungkinkan para penggunanya untuk mensinkronisasi data seperti foto, musik, dan dokumen ke dalam komputer, tablet atau smartphonenya secara otomatis pada waktu yang bersamaan via internet. Sehingga pengguna dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja tanpa perlu mem-back up data secara manual.

Nah, penerapannya dalam dunia medis dapat terlihat pada saat proses Endoscopy yang dilakukan Dokter dengan menggunakan suatu mobile-tecnology yang disebut Endosync buatan Envisioner.

0 komentar:

Posting Komentar